Mesin Absensi

Jangan beli mesin absensi, jika belum tau hal ini :

Setiap perusahaan atau kantor pasti memiliki barang yang satu ini. Yup, mesin absensi ini memang menjadi kebutuhan kantor. Tapi pasti ada kelebihan dan kekurangan dari mesin itu.

Kelebihan dari pada mesin absen ini antara lain adalah sebagai berikut :
  • 1.Data absensi langsung masuk ke komputer, bisa langsung di olah guna pembuatan laporan
  • 2.Menekan pengeluaran fiktif perusahaan , seperti uang lembur, uang kehadiran, catatan prestasi karywawan
  • 3.Penggunaanya yang praktis dan simpel. Karyawan dapat langsung mengabsen dan membuktikan kehadirannya dengan cara menempelkan salah satu jari atau seluruh jari tangannya pada layar/monitor yang telah tersedia pada mesin absensi.
  • 4.Tidak memungkinkan penitipan presensi maupun pemalsuan sidik jari. Baik di palsukan degan fotokopi sidik jari atau sidik jari tiruan.
  • 5.Harga yang relatif lebih murah di banding sistem absensi biomterik bahkan sistem absensi dengan kartu atau kertas lainnya.
  • 6.Meningkatkan produktifitas perusahaan, menjadi pemicu karyawan untuk hadir tepat waktu dan kehadirannya tidak fiktif.
  • 7.Kapasitas Besar. Mesin absensi sidik jari dapat menampung kapasitas data yang sangat besar. Hal ini sangat menguntungkan karena tidak perlu lagi pengunaan kartu absensi manual yang memakan banyak biaya.
Sedangkan Kekurangan dari mesin absensi ini adalah :Pada umumnya, mesin absensi sidik jari memiliki kekurangan pada proses pendeteksian dan pendataan sidik jari karyawan tersebut. Mesin jenis ini cenderung mengalami error atau proses yang lambat apalagi jika sidik jari yang sedang dideteksi dalam kotor, basah, atau berkeringat. Dengan kata lain, mesin absensi fingerprint sangat sensitif. Error atau masalah seperti ini bisa saja membawa dampak buruk pada kondisi mesin itu sendiri maupun produktivitas perusahaan (karena lambatnya pemrosesan absensi karyawan).Sistem mesin absensi sidik jari memerlukan proses registrasi atau pendataan terlebih dahulu. Pada saat proses scan sidik jari data akan dimasukkan ke dalam sistem beserta identitas karyawan lainnya seperti nomor dan nama. Setelah proses registrasi, mesin telah dapat digunakan untuk absensi karyawan cukup dengan menempelkan jari yang digunakan pada saat registrasi pada layar scan yang telah tersedia. Selanjutnya software absensi karyawan pada mesin tersebut akan memproses dan menyimpan data. Output data dapat dilihat dengan menggunakan komputer oleh bagian HRD untuk memantau absensi karyawan.


http://ift.tt/2eYzwzL

0 komentar:

Posting Komentar